4 Air Terjun terkenal dengan keindahan dan hawa sejuknya di Aceh

4 Air Terjun terkenal dengan keindahan dan hawa sejuknya di Aceh

Memiliki Topografi wilayah yang bervariasi, mulai dari dataran rendah, bergelombang, bebukitan sampai dengan wilayah pegunungan dengan tingkat kemiringan yang sangat terjal, membuat Kabupaten Aceh Selatan dikaruniai pesona alam yang indah dan menawan.

Tidak heran meski sektor pariwisata belum digarap secara maksimal, kabupaten yang beribukota di Kota Tapak Tuan ini banyak dilirik para wisatawan, karena secara alami lanskap alamnya memang menyejukkan mata, apalagi wisata Air Terjunnya.

AIR TERJUN TINGKAT TUJUH

Sesuai dengan namanya, air terjun tingkat tujuh ini memiliki tujuh tingkat yang masing-masing memiliki ketinggian berbeda-beda dengan keindahan yang juga beragam. Tempat ini bisa dimasukan dalam list ide Kegiatan Seru Menginap 3 Hari 2 Malam di Aceh lho! Tingkat pertama hingga tingkat keempat letaknya bersisian sedang tingkat kelima, keenam dan ketujuh terpisah cukup jauh serta harus mendaki bukit dengan mengikuti aliran sungai untuk dapat sampai ke lokasi. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun yang berlokasi di Kecamatan Tapaktuan ini.

 

Untuk menuju ke lokasi air terjun tingkat pertama tidak seberapa sulit, karena pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua dan menempuh perjalanan sejauh 1 – 2 km dari jalan poros yaitu Jalan Medan – Tapaktuan. Sesampai di lokasi, barulah perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki jika ingin menikmati keindahan air terjun tingkat kedua hingga ketujuh.

AIR TERJUN TANGGA SERIBU

 

Dinamakan Air Terjun Tangga Seribu karena tempat curahan airnya memiliki bentuk  berundak seperti anak tangga sehingga terlihat menawan saat dipandang. Ditambah lagi dengan suasana sekeliling yang berpagar hutan tropis, membuat kesan alami masih sangat kental dirasakan oleh para pengunjung saat datang ke lokasi.

Selain diselimuti hutan lebat, akses menuju lokasi air terjun juga terbilang sulit, karena selain harus menempuh perjalanan dengan menggunakan motor sekitar 1 jam, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar setengah jam untuk menyusuri kawasan hutan.

AIR TERJUN DINGIN

 

Terletak di Desa Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, objek wisata ini menarik minat banyak pengunjung karena selain menyuguhkan pemandangan air terjun serta alam pegunungan yang indah, air terjun ini memiliki kolam alam yang luas dengan airnya yang dingin dan segar.

Dengan lokasi sejauh 30 km dari Kota Tapak Tuan dan berada tidak jauh dari jalan raya Balang Pidie – Tapak Tuan, membuat objek wisata ini sangat mudah untuk dijangkau. Tidak heran jika Air Terjun Dingin menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Aceh Selatan.

AIR TERJUN ARUNG JERAM SUNGAI ALAS

 

Sebagai sungai terpanjang di provinsi Aceh yang alirannya membelah Taman Nasional Gunung Leuser dan bermuara di Samudra Hindia, membuat Sungai Alas menarik untuk disusuri. Wisatawan yang melakukan rafting di sungai ini tidak saja akan disuguhi pemandangan yang eksotis tapi juga akan diajak untuk memacu adrenalin.

Betapa tidak, dari grade sungai antara 1 – 6, Aliran Sungai Alas memiliki grade 3 dan 4. Pada aliran grade 3, dapat dijumpai riam-riam yang disusul gelombang yang datangnya tidak terduga dan butuh kemampuan bermanuver untuk menghindari batu-batu besar. Di grade 4 jeram yang menyambut saling sambung menyambung dan semakin susah dengan ketinggian gelombang mencapai 2 meter disertai kelokan-kelokan yang tajam.

Apakah anda sudah punya rencana untuk berliburan di Air Terjun yang terletak di Tapak Tuan ini ? jangan lupakan untuk memasukan kedalam list plan perjalanan anda tahun ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
 

Recomendasi Bacaan

Nida

Nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *